PENGEMBANGAN SISTEM DIAGNOSIS PADA MUTU PEMBIMBING KONSELING UNTUK SISWA BERMASALAH DENGAN METODE BACKWARD CHAINING

  • Romi Andrianto Universitas Pamulang
Keywords: Sistem Pakar, Backward Chaining, Konseling, Guru BK

Abstract

Siswa di usia remaja sering kali memiliki masalah hidup yang dapat membawa dirinya kepada hal-hal yang tidak baik sehingga dapat merusak dirinya sendiri dan bahkan mengganggu kenyamanan orang lain. Berbagai macam kenakalan siswa tentunya membuat pihak sekolah terutama Guru bimbingan dan konseling mengalami kesulitan dan sering kehilangan fokus dalam melakukan diagnosis masalah siswa sesuai jenis kenakalannya. Seperti apa masalahnya, apa penyebabnya dan bagaimana solusinya. Dengan keterbatasan jumlah guru BK dan untuk menghindari kehilangan fokus kepada masalah siswa yang berbeda-beda maka solusi dari penulis adalah dirancangnya sistem diagnosis yang dapat meningkatkan mutu para Guru BK di sekolah dalam melakukan tugasnya. Sitem diagnosis konseling siswa adalah sebuah aplikasi sistem pakar berbasis website yang telah dirancang dengan tujuan mempermudah guru BK serta orang tua siswa dirumah dalam mendeteksi masalah yang dialami oleh siswa dan dapat memberikan berbagai macam solusi berdasarkan permasalahannya secara online. Proses pembuatan sistem diagnosis didasarkan pada pengetahuan penulis dengan observasi dan berdiskusi langsung dengan para ahlinya yaitu Guru bimbingan dan konseling.  Metode yang digunakan dalam sitem ini menggunakan Backward Chaining, yaitu melakukan pelacakan kebelakang dengan memulai penalaran dari kesimpulan (goal) dengan mencari berbagai hipotesa menuju fakta-fakta yang mendukung hipotesa tersebut. Hasil dari sistem tersebut berupa website yang secara khusus digunakan untuk SMK PUSTEK Serpong dalam menunjang aktifitas siswa di sekolah agar lebih baik dan tidak melakukan perbuatan yang menyimpang dan dapat juga digunakan oleh orang tua siswa di rumah dengan harapan mendapatkan ilmu edukasi untuk memperbaiki masalah yang dialami anaknya.

References

Andayati, Dina. (2012). Sistem Pakar Dalam Bidang Psikologi. Jurnal Institut Sains & Teknologi AKPRIND, 286-293.

Fahli, Z. H. M. dkk. (2013). Pemahaman Konselor Sekolah Tentang Tugas Perkembangan Siswa dan Layanan yang Diberikan. Jurnal Ilmiah Konseling. Vol.2, No.1, 43-52.

Iriani, S. (2015). Penerapan Metode Backward Chaining pada Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Tulang Manusia. Indonesian Journalon Networking and Security. Vol.4, No.1, 51-55.

Kurniawan, A. ( 2009). I mplementasi Dan
Perancangan Sistem Pakar Sebagai Sarana Konsultasi Siswa Bermasalah. Jurnal Universitas Dian Nuswantoro.

Munawir, A. (2011). Sistem Pakar Konsultasi Siswa Bermasalah (Studi Kasus : MA. Nurul Huda Ciamis). Skripsi, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Jati.

Purnaman, R., Putra, A. K. (2010). Pemanfaatan Teknologi SMS Gateway Dan Metode Forward Chaining Pada Sistem Informasi Bimbingan Dan Konseling (Studi Kasus SMAK ST Thomas Aquino Mojokerto). Jurnal Sistem Informasi STIKOM Surabaya, 16-21.

Setiawan, S. S., Jusak., Lemantara, J. ( 2013). Sistem Pakar Untuk Mendiagnosa Kecerdasan Majemuk Menggunakan Metode Fuzz y Expert System. Jurnal Sistem Informasi, 72-76.

Syah, M. M., Gunawan, A. (2016). Sistem Pakar Bimbingan Dan Konseling Siswan Dengan Metode Certainty Factor Berbasis WEB Pada SMAN 1 Cikembar. Jurnal SNIPTEK, 81-90.
Published
2020-06-07
How to Cite
Andrianto, R. (2020). PENGEMBANGAN SISTEM DIAGNOSIS PADA MUTU PEMBIMBING KONSELING UNTUK SISWA BERMASALAH DENGAN METODE BACKWARD CHAINING. Jurnal Ilmiah Humanika, 3(2), 7-18. Retrieved from http://humanika.penapersada.com/index.php/humanika/article/view/57