ANALISA DAN PENERAPAN FUZZY INFERENCE SISTEM METODE MAMDANI UNTUK PREDIKSI SUPPLY BARANG STUDI KASUS OUTLET THE COFFEE BEAN & TEA LEAF CILANDAK

  • SAHLAN SAHLAN Universitas Pamulang
Keywords: Fuzzy inference system metode mamdani, peramalan, permintaan, Supply

Abstract

Banyak sekali manajemen yang berjalan pada outlet The coffee bean & tea leaf, salah satunya adalah manajemen permintaan Supply barang di mana proses tersebut memerlukan peramalan yang cukup matang agar barang yang telah diminta kepada bagian produksi untuk memenuhi Supply barang yang ada di outlet tidak berlebihan atau tidak terlalu sedikit untuk menjaga kestabilan antara penjualan, persediaan barang dan jumlah Supply yang mengacu pada keramaian pengunjung yang tidak bisa diramalkan secara tepat akan tingkat keramaiannya. Untuk dapat melakukan peramalan yang lebih akurat, maka diperlukan suatu metode yang dapat menghitung ketidak pastian yang terjadi, dalam hal ini metode yang digunakan adalah dengan menggunakan Fuzzy inference system metode Mamdani untuk meramalkan jumlah permintaan Supply barang berdasarkan jumlah penjualan, persediaan dan tingkat keramaian pengunjung setiap harinya. Dengan 12 sample data yang digunakan hasil yang didapatkan yaitu dengan menggunakan Fuzzy inference system metode mamdani MAPE yang didapat sebesar 13.275% dan perbandingan dengan data nyata yang telah didapat metode mamdani dapat memberikan keakuratan untuk dijadikan acuan yang baik untuk menentukan jumlah permintaan Supply barang. 

References

Aastrup, J., & Kotzab, H. (2009). Analyzing out-of-stock in independent groccery stores : an empirical study. International journal of retail & Distribution management, vol 37, issue 9, 765-789.
Assauri, S. (2003). Managemen produksi dan operasi. Indonesia: PT.Gramedia Widiasarana. Cheng, C., & Wang, J. (2008). Forecasting the number of outpatient visits using a new fuzzy time series based on weighted traditional matrix, Expert system 2568-2575.
Cox, E. (1994). The fuzzy system hand book: (A Prsctitioner's guide to building,using, and maintaining fuzzy system). Massachusetts: Inc Academik Press.
Djunaidi, M., Setiawan, E., & Andista, F. W. (2005). Penentuan jumlah produksi dengan aplikasi metode fuzzy mamdani. Jurnal ilmiah teknik industri, vol.4, No.2, 95-104
Solikin, F. (2011). Aplikasi logika fuzzy dalam optimasi produksi barang menggunakan metode mamdani dan sugeno. Yogyakarta: UNY.
Shahandasth, K. M., & Shavandi, H. (2011). Forecasting Supply chain demand by using fuzzy neural network approach, the case study of kaleh company. ISSN 2090-4304 journal of basic and applied scientific research, 3920-3925.
Haryati, N. E. (2011). Perancangan jumlah produksimenggunakan metode fuzzy mamdani berdasarkan prediksi permintaan
Gelley, N., & Jang, R. (2000). Fuzzy logic toolbox. USA: Inc Mathwor
Published
2020-09-16
How to Cite
SAHLAN, S. (2020). ANALISA DAN PENERAPAN FUZZY INFERENCE SISTEM METODE MAMDANI UNTUK PREDIKSI SUPPLY BARANG STUDI KASUS OUTLET THE COFFEE BEAN & TEA LEAF CILANDAK. Jurnal Ilmiah Humanika, 3(3), 15-29. Retrieved from http://humanika.penapersada.com/index.php/humanika/article/view/70