FUZZY INFERENCE SYSTEM METODE MAMDANI UNTUK PREDIKSI PEMINATAN JURUSAN ARUS LEMAH DAN ARUS KUAT PROGRAM STUDI TEKNIK ELEKTRO UNIVERSITAS PAMULANG

  • Anggreita Tiara Putri Universitas Pamulang
  • Wiwin Winarti UNIVERSITAS PAMULANG
  • Nurhayati Nurhayati UNIVERSITAS PAMULANG
Keywords: Fuzzy Mamdani, Pemilihan program studi

Abstract

                  Universitas Pamulang turut mengambil langkah nyata dengan mengelompokkan keahlian-keahlian yang spesifik pada jurusan-jurusannya. Salah satunya adalah jurusan Teknik Elektro. Namun masih banyak Mahasiswa Teknik Elektro yang bingung dalam Peminatan Jurusan antara Arus Kuat dan Arus Lemah. Kemampuan Mahasiswa Teknik Elektro menentukan peminatan jurusan sesuai dengan minat dan kemampuannya ditentukan oleh sejauh mana informasi yang dimiliki tentang minat dan kemampuan akademis. Maka diperlukan suatu logika yang dapat memecahkan masalah, dan perlu sistem pendukung keputusan dalam proses pemilihan jurusan sesuai parameter dengan menggunakan logika fuzzy metode Mamdani untuk menentukan hubungan antara nilai akademik dengan penentuan program studi. Dalam penelitian ini populasinya adalah jumlah mahasiswa Jurusan Teknik Elektro Universitas Pamulang semester 4. Dalam pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik sampling kebetulan (Accidental Sampling). Dari hasil yang telah didapat pada sampel data dapat dilihat perbedaan prediksi peminatan jurusan menggunakan metode mamdani membuktikan bahwa prediksi peminatan jurusan arus kuat dan arus lemah di Universitas Pamulang yang dilakukan dengan Fuzzy inference system metode mamdani dapat membuat pemilihan jurusan untuk mahasiswanya jauh lebih efisien, lebih akurat dan sesuai dengan kemampuan akademik mahasiswanya karena dari 70% sampel ditolak yang artinya minat mahasiswa tidak sesuai dengan kemampuan akademisnya dan 30% diterima yang artinya minat mahasiswa sesuai dengan kemampuan akademisnya.

References

Aldyanto, F., Informatika, J. T., & Industri, F. T. (2016). Jurnal Teknoif Issn : 2338-2724 Prediksi Jumlah Produksi Roti Menggunakan Metode Logika Fuzzy ( Studi Kasus : Roti Malabar Bakery ) Jurnal TEKNOIF ISSN : 2338-2724 Metode Sistem Inferensi Fuzzy. 4(2), 59–65.
Sri Kusuma Dewi, H. P. (2013). Aplikasi Logika Fuzzy Untuk Pendukung Keputusan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Andani, S. R. (2013). Fuzzy Mamdani Dalam Menentukan Tingkat. 2013(semnasIF), 57–65.
Widodo, P. P. (2012). Penerapan Soft Computing dengan Matlab. Bandung: Rekayasa Sains.
Bidang, P., Sains, K., & Buana, W. (n.d.). Jurnal Edik Informatika Penerapan Fuzzy Mamdani Untuk Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Telepon Seluler Jurnal Edik Informatika.
Lunak, D. P. (2018). Penerapan Metode Fuzzy Mamdani Untuk Memprediksi Angka Penjualan Token Berdasarkan Persediaan Dan Jumlah. 5(1), 81–95.
Marbun, M., Sihotang, H. T., Marbun, N. V., Informatika, T., Pendahuluan, I., & Medan, J. B. (2016). Perancangan sistem perencanaan jumlah produksi roti menggunakan metode fuzzy mamdani. 20(1), 48–54.
Minyak, P., Sawit, K., Pt, D. I., & Kaltim, W. (2017). Aplikasi Logika Fuzzy Dalam Mengoptimalkan Plantation Menggunakan Metode Mamdani. 12(2), 94–103.
Setyaningsih, R. (2017). Penggunaan Metode Fuzzy Mamdani Untuk Rancang Bangun Sistem Pemilihan Program Studi PADA KAMPUS AMIK-BSI JAKARTA. 2(2), 15–21.
Yaqin, A. (2016). Sistem Pendukung
Published
2020-09-16
How to Cite
Putri, A., Winarti, W., & Nurhayati, N. (2020). FUZZY INFERENCE SYSTEM METODE MAMDANI UNTUK PREDIKSI PEMINATAN JURUSAN ARUS LEMAH DAN ARUS KUAT PROGRAM STUDI TEKNIK ELEKTRO UNIVERSITAS PAMULANG. Jurnal Ilmiah Humanika, 3(3), 66-76. Retrieved from http://humanika.penapersada.com/index.php/humanika/article/view/74