ANALISIS PENGARUH PERAN GANDA PADA PERAWAT WANITA TERHADAP KINERJA PADA MASA PANDEMI COVID-19

  • Fika Rahmanita Universitas Pamulang
Keywords: peran ganda, kinerja, covid 19

Abstract

Di penghujung tahun 2019, COVID 19 mulai menyebar di dunia. Pada November 2020, kasus Covid-19 tercatat sebanyak 60,74 juta kasus. Rumah sakit ini adalah pusat pelayanan kesehatan. RSUD terakreditasi penuh dalam pelayanan rumah sakit pada tahun 2006. Hal ini menuntut RSUD untuk memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat sehingga dibutuhkan sumber daya manusia yang berkualitas. Salah satu SDM yang menjadi garda terdepan dalam melayani masyarakat selama 24 jam adalah perawat. Perawat di lokasi penelitian mayoritas adalah perempuan. Sebagai wanita, perawat wanita memiliki tanggung jawab untuk membagi waktu dengan keluarga dan menjalankan tanggung jawabnya sebagai ibu rumah tangga. Hal ini dapat menyebabkan konflik peran ganda. Konflik peran ganda dapat berdampak pada adanya stres kerja yang menurunkan kinerja perawat. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana dampak peran ganda perawat wanita terhadap kinerja pada masa pandemic covid-19. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif dengan teknik analisis data SEM PLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada masa pandemic covid-19 peran ganda perawat wanita memiliki dampak negatif terhadap kinerja. Oleh karena itu, manajemen SDM RSUD perlu melakukan pengembangan organisasi untuk meningkatkan kinerja dengan menekan dampak negatif dari konflik peran ganda.

References

Aditama, T , Y, 2007. Manajemen Administrasi Rumah Sakit, UI Press, Jakarta.
Cinnamon dan Rich. 2011. Stres Kerja Ditinjau Dari Konflik Peran Ganda Dan Dukungan Social Pada Perawat. Jurnal psikologi islam. Vol 8 No. 1 2011 63-82.
Gaffar, L. J. 1999. Pengantar Keperawatan Profesional. EGC, Jakarta.
Ghozali, Imam, dan Fuad. 2008. Structural Equation Modeling: Teori, Konsep dan Aplikasi dengan Program Lisrel 8.0. Semarang: Badan Penerbit UNDIP.
Ilyas, Y. 2002. Kinerja, Teori, Penilaian dan Penelitian Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia. Jakarta.
Latifah. 2010. Faktor – Faktor yang Berhubungan dengan Pemilihan Pertolongan Persalinan Oleh Dukun Bayi. Jurnal Fakultas Kedokteran UNDIP Semarang.
Mangkunegara. 2009. Evaluasi Kinerja SDM. Refika Aditama. Bandung
Manuaba, IBG. 2007. Pengantar Kuliah Obsetri. EGC. Jakarta
Neuman, W. Lawrence. 2013. Metodologi Penelitian Sosial: Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. Edisi 7. Jakarta: Permata Puri Media.
Robbins, S. P. 2004. Teori organisasi, struktur, desain, dan aplikasi. (Alih Bahasa: Tim Indeks). New Jersey: Prentice Hall.
Robbins, S.P. 2008. Perilaku Organisasi, Edisi ke-10. Alih Bahasa Drs. Benyamin Molan. Salemba Empat, Jakarta.
Sulistiyani, Ambar T. dan Rosidah.2003. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Widyasari, J.S. 2013. Jurnal Pengaruh Stress Kerja terhadap Tingkat Stres Kerja pada Perawat Rawat Inap RS Ortopedi Prof.Dr. R. Sueharso. Surakart.
Published
2021-01-14
How to Cite
Rahmanita, F. (2021). ANALISIS PENGARUH PERAN GANDA PADA PERAWAT WANITA TERHADAP KINERJA PADA MASA PANDEMI COVID-19. Jurnal Ilmiah Humanika, 4(1), 1-6. Retrieved from http://humanika.penapersada.com/index.php/humanika/article/view/78