PERANAN KARANG TARUNA DALAM UPAYA PENYELENGGARAAN DAN PEMBANGUNAN KESEJAHTERAAN SOSIAL KECAMATAN PAMULANG

  • M. Amin Elwalad Meuraksa
  • Agung Arafat Saputra
Keywords: kesejahteraan sosial, karang taruna

Abstract

Organisasi Karang Taruna merupakan perkumpulan Sosial Kepemudaan yang menjadi pilar kekuatan masyarakat sebagai kelompok yang berperan langsung untuk pembangunan lingkungan. Selain itu, Karang Taruna harus mampu menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman yang terjadi di tengah masyarakat dengan cara mengembangkan potensi keahlian agar mampu membangun kesejahteraan di lingkungan mereka. Karang Taruna mempunyai fungsi untuk mencegah timbulnya permasalahan sosial seperti; Pengangguran, Kemiskinan, Kenakalan Remaja, dan Narkoba dengan cara memberikan Perlindungan Sosial, Jaminan Sosial, Pemberdayaan Sosial dan Latihan Dasar Kepemimpinan. Sehingga dapat meningkatkan kemampuan dalam pengembangan usaha serta tanggung jawab sosial bagi setiap anggota masyarakat terutama generasi muda. Kurangnya partisipasi pemuda dalam pelaksanaan program Karang Taruna di Desa Benda Baru Pamulang-Tangerang Selatan menjadi perhatian dalam penelitian ini. Pemuda melalui program Karang Taruna seharusnya mampu membangun pertumbuhan dan perkembangan setiap anggota masyarakat yang terampil, cerdas, inovatif, berkarakter serta memiliki kesadaran dan tanggung jawab sosial dalam menghadapi berbagai masalah kesejahteraan sosial. Berdasarkan permasalahan tersebut, rasanya perlu mengkaji kembali fungsi dan peran karang taruna dalam sebuah penelitian yang berjudul “Peran Karang taruna Dalam Upaya Penyelenggaraan dan Pembangunan Kesejahteraan Sosial di wilayah RW 016 Desa Benda Baru Kecamatan Pamulang.” Dengan Menggunakan pendekatan kualitatif serta metode penelitian studi lapangan, observasi, interview dan penyebaran angket. Setelah melakukan observasi, analisis kuesioner, dan wawancara pada Karang Taruna RW 016 Desa Benda Baru Kecamatan Pamulang. Diperoleh hasil yang signifikan terhadap peran Karang taruna di Desa Benda Baru Pamulang.

References

Afrina, Mery. 2014. Peran Ibu Rumah Tangga Dalam Membantu Perekonomian Keluarga. Skripsi. Universitas Riau.
Agustiyani, Agustiyani. 2014. Pengaruh pembelajaran mata kuliah kewirausahaan terhadap minat mahasiswa untuk berwirausaha (studi kasus pada mahasiswa program studi Ekonomi Islam angkatan tahun 2011 UIN Walisongo Semarang). Skripsi. Universitas Islam Negeri Walisongo. Semarang.
Ali, Muhammad. 2008. Penelitian Pendidikan prosedur dan Strategi. Bandung;Tarsito
Amaliyah, Sholekhatul. 2010. Peran Kyai Asy’ari (Kyai Guru) Dalam Berdakwah Di Kecamatan Kaliwungu Kabupaten Kendal. Skripsi. Institut Agama Islam Negeri Walisongo. Semarang.
Darajad, Zakiyah, 1976. Membina Nilai-nilai Moral Indonesia, Jakarta: Bulan Bintang
Direktorat Kesejahteraan Anak dan Keluarga.1987.Pedoman Pembinaan Program dan Kegiatan Karang Taruna Jakarta : Dirjen Rehabilitasi dan Pelayanan Sosial
Fitriaji, Wahyu. 2011. ”Peran Partisipatif Karang Taruna Dalam Pembangunan Kesejahteraan Sosial”. Skripsi. Universitas Ialam Indonesia.
Gunarsa, S. D. (1989). Psikologi perkembangan: Anak dan Remaja. Jakarta: BPK. Gunung Mulia. Hadi,Sutrisno.l997. Statistik Jilid2 Yogyakarta; BPEE Hasbullah, 2003. Dasar-dasar ilmu pendidikan, Jakarta:Raja Grafindo
Hura, Johni Elvis. 2011. Pemberdayaan Masyarakat Dalam Perspektif Administrasi Pembangunan (Studi Pada PNPM Mandiri Perdesaan Di Desa Hilimo’asio Kecamatan Idanogawo, Kabupaten Nias). Skripsi. Universitas Sumatera Utara. Medan.
Kartono, Kartini, bimbingan bagi anak dan remaja bermasalah, Jakarta: Rajawali press 2008. Patologisosial 2 kenakalan remaja, Jakarta: raja grafindo persada.
Kementerian Sosial RI. 2011. Pedoman Dasar Karang Taruna.Direktorat Jenderal Pemperdayaan Sosial dan Penangulangan Kemiskinan.
Kolistiawan, Budi. 2011. Perbandingan Preferensi Anggota Perempuan Tentang Kinerja Lembaga Keuangan Mikro Syariah Gemi Dan BMT Di Yogyakarta. Tesis. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga. Yogyakarta.
Prawulandari, Novia Rahayu. 2011. Peranan Fasilitator Dalam Pemberdayaan Guna Upaya Meningkatkan Reperment Rate Pada Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perkotaan Di Kelurahan Bulakan
Rivai, Veithzal dan Sagala, Ella Jauvani. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan dari Teori ke Praktik. Jakarta: PT Raja Grafindo.
Sudarmanto. 2009. Kinerja dan Pengembangan Kompetensi SDM Teori, Dimensi dan Implementasi dalam Organisasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Taslim, Arifin. 2004. Metode kesejahteraan masyarakat. IPB. Bogor.
Published
2021-02-18
How to Cite
Meuraksa, M. A., & Saputra, A. (2021). PERANAN KARANG TARUNA DALAM UPAYA PENYELENGGARAAN DAN PEMBANGUNAN KESEJAHTERAAN SOSIAL KECAMATAN PAMULANG. Jurnal Ilmiah Humanika, 4(1), 7-33. Retrieved from http://humanika.penapersada.com/index.php/humanika/article/view/80