PENGARUH KOMUNIKASI PERSUASIF DAN KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH TERHADAP ETOS KERJA GURU DI MADRASAH IBTIDAIYAH KECAMATAN PAMULANG KOTA TANGERANG SELATAN

(Penelitian Pada Guru MI Kecamatan Pamulang Kota Tangerang Selatan)

  • Fatihatul Mufarrohah Institut PTIQ Jakarta
  • EE Junaedi Sastradiharja Institut PTIQ Jakarta
  • Otong Surasman Institut PTIQ Jakarta
Keywords: Komunikasi Persuasif, Kepemimpinan Transformasional, Etos Kerja Guru

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menguji data-data empirik terkait pengaruh komunikasi persuasif dan kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap etos kerja guru di madrasah ibtidaiyah kecamatan Pamulang secara parsial maupun simultan. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode survei. Sampel penelitian ini adalah sebanyak 86 responden dari total 110 guru sebagai populasi di Madrasah Ibtidaiyah Kecamatan Pamulang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen angket/kuesioner. Analisis data hasil penelitian menggunakan uji T parsial dan uji F simultan dalam analisis regresi linear berganda dilanjutkan dengan analisis regresi sederhana dan ganda. Adapun kesimpulan penelitian ini adalah: Pertama, Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan komunikasi persuasif terhadap etos kerja guru dengan koefisien determinasi (R2) 0,377 atau sama dengan 37,7%. Kedua, Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan kepemimpinan transformasional terhadap etos kerja guru dengan koefisien determinasi (R2) 0,331 atau sama dengan 33,1%.  Ketiga, Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan komunikasi persuasif dan kepemimpinan transformasional kepala sekolah secara simultan terhadap etos kerja guru, dengan koefisien determinasi (R2) 0,377 atau sama dengan  37,7%.

References

Andang. (2014). Manajemen & Kepemimpinan Kepala Sekolah. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Bochari, Mochtar. (1994). Pendidikan Dalam Pembangunan. Yogyakarta: Tiara Wacana Yogya.
Danim, Sudarman. (2005). Menjadi Komunitas Pembelajar (Kepemimpinan Transformasional dalam Komunitas Organisasi Pembelajaran). Jakarta: Bumi Aksara.
Drajat, Amroeni. (2008). Komunikasi Islam dan Tantangan Modernitas. Bandung: Citapustaka Media Perintis, Cet. Ke-1.
Efendi, Nur. (2015). Islamic Education Leadership: Memahami Integrasi Konsep Kepemimpinan di Lembaga Pendidikan Islam. Yogyakarta: Kalimedia.
Ginting, Desmon. (2016). Etos Kerja: Panduan Menjadi Karyawan Cerdas. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Gunawan, Ary. (1994). Perilaku dan Manajemen Organisasi. Jakarta: Erlangga.
Hamzah, Amir. (2019). Etos Kerja Guru Era Industri 4.0. Malang: CV. Literasi Nusantara Abadi, Cet. Ke-1.
Hasibuan, Nailul. (2015). Pengolahan Data Menggunakan Uji T. Makalah.
Hermanto, Mulyadi. (2019). “Motivasi dan Etos Kerja dalam Pendidikan Islam”. dalam Jurnal Ilmu-ilmu Sosial & Keislaman, Vol. 1, No. 2, Januai-Juni.
Heru. “Komunikasi Persuasif”, dalam https://pakarkomunikasi.com/komunikasi-persuasif . Diakses pada 1 Maret 2020.
Indriani, Weni. (2019). “Kontribusi Etos Kerja Islami Terhadap Kinerja Dosen”. dalam Jurnal el-Idare, Vol. 1, No. 2. Desember.
Ishaq Alu Syaikh, Abdullah bin Muhammad bin Abdurrahman. (2009). Tafsir Ibnu Katsir, Penerjemah M. Abdul Ghoffar. Jakarta: Pustaka Imam As-Syafi’I, Jilid 4.
Jumiran, dkk. (2020). “Pengaruh Dimensi Kepemimpinan Transformasional terhadap Kepuasan Kerja dan Komitmen Organisasional”. dalam Jurnal EduPsyCouns, Vol. 2, No. 1.
Kafie, Jamaluddin. (1993). Psikologi Dakwah, Surabaya: Offiset Indah.
Kurniasari, Daningsih. (2019). Peningkatan Kinerja Guru melalui Pengembangan Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah, Kompetensi Pedagogik dan Motivasi Berprestasi Guru. Disertasi Universitas Pakuan.
Kurniatun, Taufani C. dan Asep Suryana. (2019). Kepemimpinan dan Manajemen Pendidikan Dasar. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka, Edisi 1.
Machalli, Imam dan Ara Hidayat, (2016). The Handbook of education Management: Teori dan Praktik Pengelolaan Sekolah/Madrasah di Indonesia. Jakarta: Prenadamedia Group.
Maraghi, Ahmad Mustofa. (1993). TafsirAl-Maraghi Juz XI, Penerjemah Anshori Umar Sitanggal dkk. Semarang: CV Toha Putra.
Mizan. (2017). “Meningkatkan Etos Kerja Berkualitas dan Kepedulian Sosial”. dalam Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, Vol. 2 No. 1, Januari-Juni.
Nida, Fatma Laili Khoirun. (2014). “Persuasi dalam Media Komunikasi Masa”, dalam Jurnal At-Tabsyir, Vol. 2, No. 2, Juli-Desember.
Northouse, Peter G. (2013). Kepemimpinan Teori dan Praktik. Jakarta: PT Indeks, Cet. Ke-1.
Nurhadi, Zikri Fachrul. (2017). Teori Komunikasi Kontemporer. Depok: Kencana, Cet. Ke-1.
Pirol, Abdul. (2018). Komunikasi dan Dakwah Islam, Yogyakarta: DEEPUBLISH.
Rivai, Veithzal. (2008). Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, Cet. Ke-2.
Sakhinah, Siti dan Armawati Arbi. (2019). “Strategi Komunikasi Persuasif: Tabligh in Komunitas Anak Muda Berhijrah”. dalam Jurnal Kajian Dakwah dan Kemasyarakatan, Vol. 23, No. 1.
Sazly, Syukron dan Yolanda Ardiani. (2019). “Pengaruh Kepemimpinan Transformasional terhadap Kinerja Pegawai pada Kantor Kecamatan Cengkareng Jawa Barat”. dalam Jurnal Perspektif, Vol. 17, No. 2, September.
Shihab, M. Quraish. (2002). Secerca Cahaya Illahi. Bandung: Mizan.
Situmeang, Ilona Vicenovie Oisina. (2020). “Pengaruh Program Acara Konser Tombo Kangen In Memoriam Didi Kempot dan Daya Tarik Iklan terhadap Keputusan Melaksanakan Donasi” dalam Jurnal Ilmu Komunikasi, Vol. III, No. II, Agustus.
Soemirat, Soleh dan Asep suryana. (2014). Komunikasi Persuasif. Jakarta: Universitas Terbuka, Cet. Ke-6.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA, Cet. Ke-14.
Tania, Yhosi. (2017). “Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Premier Management Consulting”. dalam Jurnal AGORA. Vol. 5, No. 1.

Timotius, Kris H. (2017). Pengantar Metodologi Penelitian (Pendekatan Manajemen Pengetahuan untuk Perkembangan Pengetahuan). Yogyakarta: ANDI (Anggota IKAPI).
Triyono, Urip. (2019). Kepemimpinan Transformasional Dalam Pendidikan (Formal, Non Formal, dan Informal). Yogyakarta: Deepublish Cet. Ke-1.
Umiarso. (2018). Kepemimpinan Transformasional Profetik Kajian Paradigmatik Ontos Integralistik Di Lembaga Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana.
Usman, Husaini. (2014). Manajemen: Teori, Praktik, Riset Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Widjaja. (2008). Komunikasi dan Hubungan Masyarakat. Jakarta: Bumi Aksara, Cet. Ke-5.
Yunus, Razali. (2020). “Analisis Pasca Diklat Terhadap Etos Kerja Alumni: Studi Kasus Diklat Pelaporan Keuangan Angkatan II BDK Aceh Tahun 2019”. dalam Journal of Education Science, Vol. 6, No. 1. April.
Yakl, Gary. (2009). Kepemimpinan dalam Organisasi. Jakarta: Indeks, Cet.Ke-5.
Yusuf, Muri. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta: KENCANA.
Published
2021-04-01
How to Cite
Mufarrohah, F., Sastradiharja, E., & Surasman, O. (2021). PENGARUH KOMUNIKASI PERSUASIF DAN KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH TERHADAP ETOS KERJA GURU DI MADRASAH IBTIDAIYAH KECAMATAN PAMULANG KOTA TANGERANG SELATAN. Jurnal Ilmiah Humanika, 4(1), 41-55. Retrieved from https://humanika.penapersada.com/index.php/humanika/article/view/83